Saturday, August 25, 2012

PERLUNYA MARKET SURVEY BAGI PENGUSAHA BAKERY RESTO CAFE

Komunitas Bakery, Resto dan Café, Banyak orang dari kalangan pengusaha agak malas, jemu, alergi ataupun sudah menolak dahulu dalam pikirannya jika disampaikan suatu konsep pentingnya survey pasar, apalagi diminta membaca, menganalisis maupun menarik kesimpulan dari suatu data survey pasar. Memang sebagian besar pengusaha yang terjun ke usaha bakery, resto dan café / bareca di Indonesia bukan berasal dari kalangan lulusan Universitas apalagi lulusan dari disiplin ilmu statistika. Namun perlu dipahami, bahwa perusahaan-perusahaan besar yang terus bertumbuh pesat ternyata sangat haus akan data survey dan terus menerus melakukan analisis secara berkala untuk mendapatkan suatu kesimpulan penting akan perilaku konsumen baik yang merupakan pelanggan mereka ataupun yang merupakan pelanggan pesaing mereka yang akan mereka rebut menjadi pelanggan mereka. Market survey atau survey pasar merupakan alat analisis yang kalau dianalogikan adalah seperti hasil uji lab kesehatan kita. Apakah kita sakit, sehat atau dalam kondisi bahaya terkena gangguan penyakit akan dapat terbaca dengan lebih akurat di hasil lab sehingga kita bisa memutuskan pengobatan semacam apa yang kita perlukan. Demikian juga dengan market survey, kita seperti membaca dengan lebih akurat dan representatif atas kondisi yang terjadi di lapangan / pasar, bukan hanya sebatas pada pengetahuan kita atau laporan anak buah saja. Pada BAKERY MAGAZINE edisi April 2012 ini, kami sajikan market survey atas pola perilaku konsumen bakery di Jakarta, Bekasi, Serpong dan Bogor, yang penting bagi ppara pelaku usaha untuk mengolah dan mengevaluasi strategi usahanya. Dari hasil survey tersebut kita bisa mengetahui bagaimana para konsumen memilih tempat membeli roti yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya, roti-roti yang dipilih, nilai uang sekali belanja untuk membeli roti, promosi yang disukai, saat-saat membeli roti yang diipilih, alasan memilih tempat membeli roti tersebut dan masih banyak lagi. Semua informasi tersebut tentu bernilai penting sekali bagi pelaku usaha bakery, baik yang baru mau terjun ataupun yang sudah berusaha di bidang bakery. Kami juga sajikan pada edisi April 2012 BAKERY MAGAZINE Asian Sweet Cake yang mulai menjadi favorit para pembeli produk bakery. Kunjungan ke Taipei Bakery Show 2012 walaupun baru sebatas kami sajikan dalam foto-foto yang informatif, namun sudah bisa menjadi bahan inspirasi bagi kegiatan olahan kita ke depan dalam berbisnis bakery. Semoga sajian kami di edisi April ini bisa memberi nilai tambah maksimal dalam usaha Anda agar semakin sukses. Passion and Innovation for higher Achievement…

No comments: