Monday, February 26, 2007


Petrus Gandamana, Ir. MM
Brand & Marketing
HP : +62 811914420,
Email petrusgandamana@yahoo.com or petrusgandamana@gmail.com

Lulusan Teknik Industri dari Institut Teknologi Indonesia ini begitu selesai kuliah tahun 1993 diserahi tugas untuk menangani pekerjaan di bidang perencanaan sebuah pabrik makanan dan desain organisasinya. Bidang usaha yang ditanganinya adalah pabrik makanan beku untuk ekspor ke Jepang yg berlokasi di Ungaran Semarang.
Pengalaman selama tiga tahun dalam membangun dan mengelola pabrik makanan berstandar tinggi, karena target pasarnya ke Jepang, membuatnya memahami bahwa mempersiapkan dan mengelola sumber daya manusia yang berdisiplin tinggi adalah salah satu kunci utama untuk dapat menembus pasar yang persyaratannya ketat.
Atas keberhasilannya meraih kepercayaan pelanggan di Jepang maka jabatan pimpinan perusahaan dipegangnya (1994 – 1996) walaupun usianya masih tergolong muda pada saat itu.

Namun nalurinya sebagai seorang Salesman dan Marketer membuatnya memutuskan untuk berganti haluan karir. Awal 1997 memulai karir baru sebagai seorang salesman untuk produk-produk interior kelas atas dari Jepang. Sambil membina karier sebagai seorang salesman Petrus memperdalam pengetahuan pemasarannya dengan kuliah S2 bidang pemasaran di Universitas Tarumanagara selama 2 tahun (1997-1999) dan berhasil lulus dengan peringkat kedua terbaik. Pengalamannya sebagai salesman yang dibantu pengetahuan marketing yang kuat, menarik dirinya bergabung ke Indofood Sukses Makmur divisi terigu Bogasari Flour Mills. Jabatan yg diisi adalah Asisten Manager Penjualan ke Industri Besar. Bergabung dalam team bersama Philip S. Purnama, mantan Direktur Indofood yang disegani di dunia pemasaran. Selama 3 tahun di jabatan tersebut, volume penjualan produk Bogasari di pangsa pasar pabrik biscuit naik rata-rata 75% pertahun di tengah persaingan pasar yg ketat karena serangan terigu impor murah dari China dan India serta Eropa.

Prestasi ini mengatarnya untuk dipromosikan menjadi Manager Product Group, jabatan yang memberinya tanggung jawab atas segala aktivitas pemasaran dan riset pasar seluruh produk Bogasari. Bersama Philip S. Purnama pula Petrus membangun program-program agar commodity products menjadi branded products untuk mendapatkan keunggulan harga premium.
Tugas-tugas utama yang diembannya adalah :
1. Brand Management (concept, strategy, implementation)
2. Advertising and Promotion Planning and evaluation (TVC dan berbagai promosi lainnya )
3. Market Research
4. Product Development Leader

Salah satu keberhasilan utamanya adalah melakukan kerjasama Co Branding dengan pelanggan-pelanggan yg memiliki merek kuat. Selain itu juga berkolaborasi dengan supplier gandum dari Australia untuk memasang logo “AWB White Wheat” di kemasan terigu Bogasari.

Catatan prestasi lainnya adalah berkontribusi membantu Bogasari meraih ICSA (Indonesia Customer Satisfaction Award for Segitiga Biru Brand) sebanyak 3 kali. Memenangkan Marketing Award 2006 for Best IT in Marketing and The Best in Experiential Marketing. Juga membantu Brand Segitiga Biru metaih Top Brand Award 2007. Secara signifikan meningkatkan brand awareness Cakra Kembar dan Segitiga Biru dari 80% ke 93%. Juga membantu peningkatan konsumsi terigu nasional dari 12 kg per kapita menjadi 16 kg per kapita.

Kompetensinya adalah :
Brand Management. Perencanaan dan implementasi strategi untuk :
§ Meningkatkan customer's loyalty
· Meningkatkan market consumption
· Meningkatkan market size
· Mengatur perencanaan Brand portfolio
· Mengatur Brand architecture, brand guidelines and packaging design
Analisis market trends, product portfolio performance, competitor's performance dan mengajukan usulan serangan ke kompetitor.
Perencanaan dan implementasi Advertising and Promotion
Perencanaan dan pelaksanaan Market Research
Pembuatan Budget untuk melaksanakan Marketing Programs.

Selain itu Petrus juga dipercayakan untuk pengembangan produk-produk special Bogasari, seperti tepung untuk beberapa bakery papan atas dan tepung lainnya yaitu Tepung Ubi Jalar .

Beberapa pelatihan dan seminar yang pernah menampilkannya adalah :
1. Instruktur kursus Bakery Management di Bogasari Baking Center, Jakarta. Kelas kursus : Marketing pada tahun 2001 sampai 2003.
2. Pembicara untuk Seminar Trend & Peluang Usaha Makanan Berbasis Terigu di Indonesia di Politeknik Pangan Universitas Lampung, 6 April 2006.
Pembicara Seminar Makanan Etnik Jawa Barat oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, 16 Mei 2006.
Presenter Marketing Award 2006 mewakili ISM Bogasari Flour Mills, dan sukses meraih Award in Best In Experiential Marketing and Best Information Technology in Marketing, pada 14 Juli 2006. Membantu pencapaian Top Brand Award 2007 untuk brand Segitiga Biru.

Petrus juga merupakan salah satu peraih Best Achiever Performance selama dilaksanakannya kelas Executive Development Program oleh Asian Institute of Management Manila, Philippine di tahun 2005. Training-training teknikal dan management serta marketing secara intensif diikutinya, baik yang diselenggarakan di dalam maupun di luar negeri (Australia, Jepang, Singapura, Kanada, Filipina, China, Hongkong).

Pengalaman yang mendalam di dunia marketing dan salesmanship selama 7 tahun di Bogasari dan 3 tahun di perusahaan sebelumnya, merupakan bekal baginya dalam menganalisis hasil-hasil riset pasar yang dapat diformulasikan dalam suatu strategi pemasaran yang :
a. powerful
b. efektif
c. efisien
d. measurable

Dengan demikian para mitra pelanggan yang bekerjasama dengan Petrus di PT. MRP Indonesia akan merasakan bahwa setiap ide program yang disampaikannya adalah realistis namun kreatif.

1 comment:

Nanang Sofiandi said...

Selamat dan Sukses Selalu

Bagi saya inilah contoh kesungguhan dan hasil kerja kears serta komitmen terhadap pekerjaan dan pengembangan diri. Saya juga bangga menjadi salah satu yang mendapat bantuan bapak dan PT ISM Bogasari FM saat menyelesaikan pendidikan S2 saya di Magister Manajemen Agribisnis IPB (tahun 2000).

Barangkali Bapak sudah lupa, terima kasih atas segala bantuannya, saat ini saya sedang melanjutkan S3 saya. Besar harapan saya untuk dapat berdiskusi dengan Bapak.

Terima Kasih dan Sukses Selalu

Nanang Sofiandi
(e-mail : sofyandiunggul@yahoo.co.id)